Pengendalian Resiko di Tempat Kerja

Bagian dari proses pengelolaan keselamatan dan kesehatan kerja dari kegiatan operasional bisnis Anda atau perusahaan adalah mengendalikan resiko di tempat kerja.  Untuk melakukan ini, Anda harus berpikir  mengenai apa yang akan membahayakan orang dan Anda mengambil langkah-langkah wajar untuk mencegah  bahaya tersebut. Proses ini dikenal sebagai penilaian resiko dan tindak ini sesuatuyang diwajibkan secara hukum untuk Anda lakukan, jika kita lihat dalam Undang-Undang No.1 Tahun 1970 tentang keselamatan kerja pada pasal 9. Penilaian resiko tidak selamanya harus dituliskan diatas kertas, mugkin jika jumalah tenaga kerja hanya 2-3 penilaian resiko dapat saja dilakukan tanpa menuliskannya.

Penilaian resiko adalah bukan suatu perkara mengenai membuat dokumentasi dalam jumlah besar, melainkan tentang mengidentifikasi langkah-langkah yang masuk akal dalan pengendalian resiko di tempat kerja. Anda mungkin sudah mengambil langkah-langkah untuk melindungi karyawan Anda, tetapi penilaian resiko akan membantu Anda untuk memastikan apakah Anda sudah mencakup semua yang Anda perlukan.

Berpikir bagaiman kecelakaan dan penyakit akibat kerja dapat terjadi dan berkonsentrasi pada resiko nyata. Resiko-resiko yang paling mungkin dan mana yang paling berbahaya.

Untuk beberapa resiko, peraturan lainnya mensyaratkan adanya bentuk pengendalian khusus. Penilaian Anda akan membantu Anda mengidentifikasi dimana Ana perlu melihat resiko secara pas dan pengendalian khusus secara lebih mendalam. Langkah-langkah pengendalian tidak harus dinilai secara terpisah tetapi dapat dianggap sebagai bagian dari, atau sebuah perluasan dari keseluruhan penilaian Resiko yang sudah Anda lakukan.

Apapun pengedalian resiko yang diambil dan ditentukan oleh Anda, adalah sebagai usaha Anda dalam mencegah terjadinya kecelakaan dan penyakibat kerja. Meskipun, setiap langkah-langkah pengendalian memberikan derajat efektifitas yang berbeda-beda. CariSelamat.com

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *