Keselamatan di Rumah

Apakah Anda termasuk orang yang peduli terhadap Keselamatan ?

Pertanya ini, sebuah pertanyaan yang sering dilontarkan oleh seorang rekan ketika memberikan pelatihan yang berhubungan dengan keselamatan khusus yang berhubungan dengan pekerjaan. Sebagian banyak orang menjawab YA. Tapi nanti dulu, ketika dilanjutkan memperhatikan keselamatan dirumah, hampir semua orang terdiam.

Kondisi ini, sebagai sebuah indikasi bahwa semua pelaku keselamatan lebih banyak fokus terhadap keselamatan ditempat kerja, tetapi sering terlupakan keselamatan dirumah. Padahal, dirumah semua orang-orang yang kita cintai dan sayangi berkumpul semuanya disana.

Lalu apakah sebenarnya keselamatan dirumah atau dalam kerennya Home Safety dapat diartikan kepedulian dan pendidikan terhadap resiko dan bahaya potential didalam dan sekitar rumah yang membahayakan tubuh, cedera, atau kematian bagi mereka yang berada di dalam dan sekitar struktur fisik rumah. Ini termasuk mengurangi dan mencegah bahaya yang tidak diinginkan melalui pengujian, penelitian dan standar yang diterima dari aplikasi dan praktek.

sehubungan keselamatan dirumah, apabila kita lakukan kajian terhadap sejumlah sumber bahaya antara lain

  • Mold atau sering dikenal dengan mikroorganisme yang timbul sebagai akibat dari lingkungan yang lembab dirumah Anda. Mikroorganisme ini dapat mengakibatkan alergi pada sebagian orang.
  • Tergelincir atau Terpeleset, kejadian terjatuh dirumah umum disebabkan karena tergelincir atau terpeleset. Kondisi banyak yang sampi mengakibatkan cidera serius, mungkin Anda sering mendengar seseorang mengalami struk setelah terjadi dirumahnya. Sumber bahayanya bisa terjadi lantai basah, adanya ceceran minyak atau air, kemiringan lantai dan yang lainnya.
  • Kebakaran, salah satu sumbernya akibat kegiatan memasak yang biasa Anda lakukan di dapur atau sebagai akibat dari hubungan singkat arus listrik. Bahkan, tidak sedikit kebakaran mengakibatkan kerugian yang tidak sedikit dan dapat meluas sampai ke lingkungan sekitar terutama dikawasan pada penduduk. Sebagai usaha pencegahannya, sediakanlah alat pemadam api ringan di dapur Anda, serta lakukan pengecekan terhadap instalasi listrik dirumah Anda.
  • Asbes, di Indonesia masih banyak kita temui rumah yang mempergunakan asbes sebagai atas rumah atau langit-langit (plafon) rumah.Dalam jangka panjang menghirup asbes terus menerus bisa menimbulkan risiko kesehatan. Asbes masuk ke dalam tubuh melalui cara inhalasi atau saluran pernapasan, memang dampak dari asbes ini akan dirasakan dalam jangka panjang.

Hal-hal yang disampaikan diatas mungkin, baru sebagian kecil dari sumber bahaya yang dapat berdampak pada keselamatan dan kesehatan Anda dirumah.Nah, mulai sekarang lindungi seluruh anggota keluarga anda, dari ancamana bahaya yang dapa terjadi kapan saja, tanpa mengenal waktu. CariSelamat.com

 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *